Bencana Lonsor, Sudah Lima Hari Akses Jalan ke Pantai Barat Belum Bisa Dilintasi

Akses jalan Provinsi ruas Jembatan Merah - Muarasoma hingga hari ke lima belum juga bisa dilewati oleh kenderaan roda dua maupun roda empat

Editor: Admin
Tim BPBD menurunkan alat berat untuk mengevakuasi materail bebatuan yang menutup badan jalan. (foto:ss/fadli)
MADINA - Akses jalan Provinsi ruas Jembatan Merah - Muarasoma hingga hari ke lima belum juga bisa dilewati oleh kenderaan roda dua maupun roda empat karena masih tertimbun material longsor.

Diketahui, material longsor sebelumnya telah menutup akses jalan Provinsi sejak Jumat (22/12/2023). Akibatnya, para pengendara dari pusat ibukota Kabupaten Madina yang hendak menuju wilayah Pantai Barat dan sebaliknya terpaksa harus memutar dari wilayah Batang Toru Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kepala BPBD Madina, Mukhsin Nasution menyampaikan, hujan dengan intensitas sedang - lebat disertai angin dan petir menjadi penyebab tanah longsor di bagian jalan provinsi yang menghubungkan Kota Panyabungan dengan wilayah Pantai Barat. "Tanah longsor terjadi di titik Aek Inumon I dan titik Aek Inumon II, Kelurahan Tano Bato, Kecamatan Panyabungan Selatan," sebut Muksin, Selasa (26/12/2023).

Mukhsin mengatakan, bahwa sampai saat ini satu titik longsor sebelumnya sudah selesai dibersihkan. Meskipun begitu, masih ada satu titik lagi badan jalan yang terdampak tanah longsor yang belum selesai dibersihkan yakni di titik Aek Inumon II sehingga membuat jalan tersebut belum juga dapat dilalui oleh kendaraan beroda empat maupun kendaraan beroda dua.

"Material longsor berupa lumpur bercampur batu dan kayu menutup badan jalan dengan tinggi bervariasi antara satu sampai tiga meter dan panjangnya mulai dari 50 meter hingga 200 meter," katanya.

Ia menambahkan, tanah longsor yang terjadi di bagian jalan provinsi tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa. Banyak material longsor dan kondisi cuaca dinilai menjadi penyebab lambatnya penanganan.

"Materialnya longsornya banyak dan didominasi oleh material tanah, kayu dan batu-batu besar. Kemarin juga saat dilakukan pembersihan namun terjadi longsor susulan. Ini yang menjadi salah satu penyebab terlambatnya penanganan," katanya.

Meskipun begitu, proses pembersihan material longsor terus dilakukan dengan melibatkan seluruh stake holder termasuk kerjasama antara Pemda Madina dan UPT Dinas PUPR Kotanopan.

”Saat ini sudah ada tiga alat berat dilokasi yang melakukan pembersihan. Kita berdoa dan berharap tidak ada kendala cuaca, sehingga lalu lintas ke wilayah Pantai Barat kembali normal seperti sedia kala," harapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotanopan, Provinsi Sumatera Utara Andi Hakim Matondang mengatakan, bahwa dinasnya sudah menurunkan alat berat untuk mempercepat pembersihan longsoran tanah dan bebatuan yang menutupi jalan. "Kami menurun alat berat, satu unit backhoe loader, dua unit ekskavator, dan dua dumptruck ke lokasi kejadian," katanya.

Menurut dia, dinas juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal untuk mengupayakan pengoperasian alat berat tambahan guna mempercepat pembersihan bagian jalan yang terdampak tanah longsor. Alat berat yang ditutunkan itu saat ini sedang bekerja. "Panjangnya longsor ditambah sulitnya membersihkan material karena banyaknya batu-batu besar menjadi faktor penyebab terhambatnya penanganan," ujarnya.(fadli)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com