Pilkada 2024, Jamil Zeb Tumori Pinang Ketua PDIP Sibolga Sebagai Wakil

Ketua DPD Golkar Sibolga, Jamil Zeb Tumori, mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota ke DPC PDIP Sibolga di Jalan S Parman, Sibolga, Sumatera U

Editor: Admin
Ketua DPD Golkar Sibolga, Jamil Zeb Tumori, menyerahkan formulir pendaftarannya sebagai Balon Wali Kota Sibolga kepada Ketua DPC PDIP Sibolga, Memori Evaulina Panggabean, Rabu (1/5/2024). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA - Ketua DPD Golkar Sibolga, Jamil Zeb Tumori, mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota ke DPC PDIP Sibolga di Jalan S Parman, Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (1/5/2024). 

Pada kesempatan itu, Jamil langsung meminang ketua partai itu, Memori Evaulina Panggabean, untuk menjadi wakilnya di Pilkada Sibolga 2024 mendatang.

“Hari ini, saya datang mendaftar sebagai Balon Wali Kota ke Kantor DPC PDIP Sibolga, sekaligus ingin meminang Ketua DPC PDIP Sibolga, Memori Evaulina Panggabean, sebagai wakil saya di Pilkada Sibolga 2024,” sebut Jamil tanpa ragu-ragu di sela pendaftarannya tersebut. 

Keinginan Ketua Golkar Sibolga untuk berpasangan dengan Ketua PDIP Sibolga yang mendapatkan julukan sebagai "Perempuan Tangguh" ini sudah terlihat dari kedatangannya berjalan kaki ke Kantor Sekretariat PDIP Sibolga itu. Tidak biasanya, dia datang dengan mengenakan jas merah, mencirikan warna partai besutan Megawati Soekarno Putri itu. 

Selain itu juga dipertegas lewat lantunan sebuah pantun yang berbunyi "Cantik nian menanam Beringin di dalam taman. Di sampingnya rebahan Si Banteng. Alangkah elok kita berkawan, bila Memori Evaulina Panggabean jadi pendamping".

Kemudian dari pemilihan waktu pendaftarannya ke PDIP Sibolga yang jatuh tepat pada Hari Buruh Nasional, 1 Mei 2024. Jamil menilai 1 Mei sebagai hari perjuangan rakyat, sekaligus hari untuk menggelorakan semangat Kota Sibolga menjadi lebih baik ke depan.

"Jika pasangan Jamil-Memori terwujud, maka namanya akan disingkat JAMIN. Artinya, ada jaminan kepada rakyat untuk jadi lebih baik dan sejahtera dengan melanjutkan visi misi Mantan Wali Kota Sibolga (Alm) Sahat P Panggabean menjadikan Sibolga Kota Perdagangan dan Jasa," katanya. 

Kemudian, lanjut dia, pasangan JAMIN juga nantinya akan memiliki hastag (#) “Sibolga Hebat”. Yang artinya, Sibolga akan lebih bahagia ke depan.

"Itu lah harapan saya, “Beringin” bisa berdampingan dengan “Banteng” partainya wong cilik. Kami ingin menanam Pohon Beringin di Sarang Banteng ini supaya teduh dan sejuk," tukasnya.

Ketua PDIP Sibolga, Memori Evaulina Panggabean, yang mendapatkan pinangan Ketua Golkar Sibolga tersebut tampak tersenyum. Namun dibalik senyumannya itu, dia juga nyaris menitiskan air mata. Dia langsung teringat orang tuanya, almarhum (Alm) Sahat P Panggabean, Mantan Wali Kota Sibolga, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Golkar Sibolga. 

"Saya langsung teringat kepada orang tua saya, dan juga teringat bagaimana orang tua saya memperlakukan Pak Jamil. Pak Jamil dulu sudah dianggap seperti anaknya, dan begitu juga Pak Jamil, menyebut orang tua saya dengan sebutan Bapak dan Ibu. Dan bangganya saya dengan Pak Jamil ini juga, dia selalu datang dan menyampaikan sesuatu ke rumah setiap Natal," ucap Memori. 

Namun demikian, Memori tidak lantas menerima pinangan Ketua Golkar Sibolga tersebut. Alasannya, karena sebelumnya dia sudah menyampaikan niat untuk tidak maju sebagai Balon Wali Kota ataupun Wakil Wali Kota Sibolga Periode 2024-2029, dan akan memberikan kesempatan itu kepada kader dan senior PDIP apabila ada pinangan dari partai politik (parpol) lain.

"Namun, jika keseriusan ini benar-benar terjadi, tentunya saya akan berkoodinasi ke DPD minta arahan, dan berdiskusi lagi dengan Pak Jamil serta keluarga besar PDIP Sibolga," ucapnya.

Hal itu juga, sambung dia, sekaitan dengan rencana rapat koordinasi (Rakor) DPD PDIP Sumut bersama seluruh DPC di Sumut di Medan pada 6 Mei 2024 mendatang.

“Di Rakor itu nanti, kami akan diminta presentase menyampaikan alasan kenapa kami mencalonkan atau mengajukan 3 nama balon wali kota dan wakil wali kota. Mungkin di sana kami akan dapat arahan DPD, ke mana kami akan berkoalisi,” terangnya. 

Sibolga Prioritas 

Selepas mendaftar ke PDIP Sibolga, Jamil dalam konfrensi persnya menjelaskan pendaftaran dirinya sebagai Balon Wali Kota Sibolga  berdasarkan analisis DPP dan DPD Golkar Sumut terhadap Kota Sibolga. Dari analisis DPD dan DPP Golkar, Kota Sibolga mendapatkan perhatian khusus dari 33 kabupaten/kota di Sumut.

“Kita lantas didorong untuk menunaikan tugas partai, yakni maju sebagai Calon Wali Kota Sibolga. Sementara beberapa nama balon yang sudah mendaftar ke Golkar Sibolga sudah dihantarkan ke DPD Golkar Sumut,” terangnya.

Dia kembali menegaskan nama calon wakil wali kota yang akan mendampinginya maju di Pilkada Sibolga pada 27 November 2024 mendatang.

“Kami sudah membangun komunikasi politik dengan Ketua DPC PDIP Sibolga. Kami juga sudah bercerita dari hati ke hati, Insaallah, Jamil Zeb Tumori akan berpasangan dengan Memori Evaulina Panggabean dengan visi misi Sibolga Kota Perdagangan dan Jasa. Motto kami, Sibolga Hebat, dan membangun Sibolga dengan hati,” tegasnya.

Sekretaris Golkar Sibolga, Nurdin Z menambahkan, ide dan gagasan Jamil Zeb Tumori maju mencalon wali kota bukan muncul hari ini, tapi jauh sebelumnya. Hal itu seiring dengan target Golkar Sumut yang ingin memenangkan Pilkada 2024 sebesar 60 persen.

"Kemudian, berdasarkan hasil laporan penjaringan yang dilakukan oleh 33 kabupaten/kota pada rapat bersama dengan DPD Golkar Sumut, Sibolga dinilai punya potensi untuk memenangkan Pilkada yang akan datang,” ungkap Nurdin.

Dia pun kemudian menerangkan perihal koalisi Golkar-PDIP Sibolga. Koalisi kedua partai besar ini, akunya, bukanlah hal yang baru di Kota Sibolga. Koalisi keduanya pernah terjadi pada Pilkada 2020. 

"Mudah-mudahan pada Pilkada 2024, koalisi Golkar-PDIP akan jadi pemenang," pungkasnya. (jhonny simatupang) 

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com