Polres Batu Bara Tak Temukan Adanya Penyimpangan BBM Bersubsidi

Polres Batu Bara melakukan pengecekan sejumlah SPBU di wilayah hukum. Dari hasil peninjauan Satreskrim, tidak ditemukan adanya penyimpangan BBM

Editor: Admin

 

Sejumlah nelayan membeli BBM di SPBU Pakam Raya, menggunakan jerigen dengan membawa surat rekomendasi pemerintah setempat. (foto/ist)
BATU BARA – Polres Batu Bara melakukan pengecekan sejumlah SPBU di wilayah hukum. Dari hasil peninjauan Satreskrim, tidak ditemukan adanya penyimpangan BBM bersubsidi sebagaimana kabar yang beredar.

Pengecekan yang dilakukan dalam sepekan terakhir yang menjadi sasaran yaitu, di SPBU 14-212-261 Pakam Raya Kecamatan Medang Deras, SPBU 14-213-228 Simpang Bandar Tinggi Kecamatan Sei Suka, Tambang pasir di Dusun Cinta Maju Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih dan seluruh gudang diduga tempat penampungan CPO di Batu Bara. 

“Dari pengecekan di 2 SPBU tersebut tidak ditemukan dugaan penyimpangan penyaluran BBB subsidi. Demikian pula pada pengecekan di lokasi tambang pasir dan gudang diduga penampungan CPO, petugas tidak menemukan aktivitas di lokasi,” kata Kasat Reskrim AKP Irfan Mochammad Nur Alireja melalui Kasi Humas AKP AH Sagala, Kamis (11/1/2024).

Petugas juga menemukan sejumlah warga membeli BBM solar menggunakan jerigen di SPBU Pakam Raya. Namun dari hasil crosschek, ternyata yang membeli merupakan warga yang sehar-hari mencari nafkah sebagai nelayan.

"Saat para nelayan melakukan pembelian BBM solar menggunakan jerigen dilengkapi dengan surat rekomendasi dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara untuk melakukan pengambilan BBM jenis Solar di SPBU yang sudahd iunjuk,” kata AH Sagala.

Surat rekomendasi tersebut terbit berdasarkan Notulen Rapat Koordinasi Penanganan dan Pengendalian permasalahan akses BBM bersubsidi jenis solar untuk usaha perikanan tangkap di Kabupaten Batu Bara, pada tanggl 27 Juli 2022. 

Notulen berisi kesepakatan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara dan Kepala bidang Kemanfaatan dan pengendalian Sumber daya Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara dengan nelayan tradisional.  "Rekomendasi pembelian BBM jenis solar subsidi hanya di SPBU Pakam Raya, SPBU Pagurauan dan SPBU Tanjung Tiram,” pungkas Sagala. 

Kemudian pada pengecekan terhadap SPBU 14-213-228 Simpang Bandar Tinggi Desa Simpang Kopi Kecamatan Sei Suka, petugas tidak menemukan kegiatan penjualan atau penyaluran BBM bersubisidi jenis solar menggunakan mobil pick up yang sudah dimodifikasi dengan  menggunakan jerigen. 

Petugas hanya menemukan  beberapa warga yang melakukan pembelian BBM penugasan jenis Pertalite (non subsidi) menggunakan jerigen untuk dijual ecer kembali. Saat membeli BBM, warga tersebut menunjukkan surat rekomendasi dari Pemerintah Desa setempat.(subari)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com